Seluk Beluk Pengrajin di Blangkon Jogja

Seluk Beluk Pengrajin Blangkon
Gambar 1 – Seluk Beluk Pengrajin Blangkon

Halo Mas dan Mbak! Kali ini kita akan membahas tentang pengrajin blangkon di Blangkon Jogja. Pasti penasaran kan gimana sih cerita dibalik karya-karya blangkon yang luar biasa di Blangkon Jogja. Jadiii baca artikel ini sampai habis yaaaaaa.

Blangkon dari dusun Beji

Seperti yang kita ketahui jika Blangkon Jogja bekerja sama dengan salah satu pengrajin blangkon yang berasal dari dusun Beji, desa Sidoarum, Godean, Sleman, Yogyakarta. Ternyata di dusun Beji sendiri sudah menjadi sentra industri blangkon sejak tahun 1800an yang berarti blangkon sudah dibuat secara turun temurun disana. Bapak Suprihatin beliau biasa dipanggilnya, pengrajin di Blangkon Jogja ini sudah membuat blangkon sejak kelas 2 (dua) SD loh! Membuat blangkon sudah dilakukan sejak turun temurun di keluarga beliau. Sudah terlatih sejak kecil dan ahli dalam membuat blangkon, sekarang beliau bisa membuat 15 blangkon setiap harinya. Satu blangkon memakan waktu hingga 45-60 menit.

“Membuat blangkon itu harus pake rasa, kalo enggak ya gak jadi. Apalagi blangkon itu hanya memakai 6 (enam) jari tangan. Yaitu jempol, jari telunjuk, dan jari tengah tangan kanan, tangan kiri. Membuat blangkon yang kerja hanya 6 jari, sisanya seperti jari lain, kaki tidak digunakan sama sekali. Hanya duduk-duduk saja ya to? Tapi jika salah satu jari tangan itu sakit, ya tidak bisa ngapa-ngapain, harus istirahat sepenuhnya sampe jari yang sakit itu sembuh! Hahaha.” Tutur beliau, ketika menjelaskan pembuatan blangkon.

Nyatanya, beliau sudah memiliki banyak pencapaian selama membuat blangkon. Diantaranya adalah, pada saat zaman pemerintahan presiden Soeharto, beliau pernah membuat Congkeng (alas dasar pembuatan blangkon) untuk presiden Indonesia ke-2 tersebut. Selain itu pada tahun 2014, beliau pernah membuat sebanyak 475 blangkon untuk pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Blangkon itu dipakai pada saat pernikahan dan dipakai oleh kedua belah pihak keluarga. Dalam waktu dua minggu, 475 blangkon sudah jadi, dan hanya dikerjakan oleh dua orang, yaitu beliau yang dibantu oleh salah satu teman pengrajinnya.

Pencapaian yang mengagumkan lainnya adalah, beliau pernah membuat 4000 blangkon untuk persediaan dari pihak Kraton Yogyakarta. Blangkon tersebut dibuat dalam waktu satu tahun dengan tangan-tangan ahli dua pengrajin blangkon (beliau dan temannya.) Dengan berbagai pencapaian yang mengagumkan, membuktikan jika beliau adalah salah satu pengrajin terpercaya yang berasal dari dusun Beji, desa Sidorum dan tidak diragukan lagi kualitas blangkon yang dibuat. Jadi, untuk mas dan mbak yang ingin memesan blangkon, hubungi kontak yang tertera ya. 😀

Posts created 34

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

Assalamualaikum Blangkonjogja.com
Send via WhatsApp