Asal Muasal Blangkon

Sejarah Panjang Blangkon: Asal Muasal Blangkon

Asal Muasal Blangkon
Asal Muasal Blangkon

Blangkon Warisan Kebudayaan

Blangkon, penutup kepala tradisional yang selama ini kita tau sebagai warisan kebudayaan yang cukup terkenal, tentunya memiliki kisahnya sendiri, mulai dari figure pertama yang menemukan hingga inovasi dan bentuk blangkon yang pada akhirnya bisa seperti saat ini. Bagaimana saja perkembangan blangkon, serta sebenarnya seberapa jauh perjalanan si Blangkon ini?  Yuk Mas dan Mbak, mari kita ulas bersama-sama.

Istilah Blangkon

Sebutan Blangkon berasal dari kata blangko, istilah yang dipakai masyarakat Jawa untuk mengatakan sesuatu yang siap pakai. Dulunya blangkon tidak berbentuk bulat dan siap pakai, melainkan sama seperti ikat kepala lainnya yakni melalui proses pengikatan yang cukup rumit. Seiring berjalannya waktu, maka tercipta inovasi untuk membuat ikat kepala siap pakai yang selanjutnya dijuluki sebagai blangko. Dari penjelasan pertama ini, pastilah sudah terlihat figur atau sosok pertama yang menemukan ialah laki-laki dari kalangan masyarakat etnis Jawa, Para pria Jawa ini sudah memakai Blangkon sejak sebelum jaman kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat berdiri lho! Hal itu dibuktikan karena penyebaran pemakaian blangkon yang terpengaruh dari persebaran ajaran islam sendiri. Wah, berarti sudah ratusan tahun ya Blangkon tetap eksis sampai sekarang sebagai penutup kepala tradisional yang melegenda dan trendy! Yuk ayo pakai Blangkon!

Persebaran Pemakaian Blangkon

Mari kita beranjak pada persebaran pemakaian Blangkon di daerah-daerah Jawa. Persebaran Blangkon ini cukup mudah ditandai dengan menurut wujudnya atau biasa kita sebut ‘gaya’ sebagai ciri khas Blangkon, blangkon tersebar dibagi menjadi 4: blangkon Ngayogyakarta, blangkon Surakarta, blangkon Kedu, dan blangkon Banyumasan. Hal ini menjelaskan bahwa Blangkon sangatlah berpengaruh di tanah Jawa, masyarakat per daerahnya menciptakan ‘gaya’ dan berinovasi sesuai karakter daerah, yang diyakini membawa jiwa dan jati diri daerah dari tempat-tempat yang sudah dibagi berdasarkan ‘gaya’ per daerahnya itu tadi. Hal ini juga menunjukkan bahwa Blangkon mengikat erat pada masyarakat sebagai symbol identitas dan membawa lambang daerah. Jadi, mau tampil menarik serta memaknai nilai-nilai leluhur bangsa? Tunggu apalagi! Blangkon bisa jadi pilihanmu yang sangat trendi! Dengan memakai variasi empat daerah tersebut, Mas bisa ganti serta mix-and-match style sesuai yang dimau!

Ikat kepala tradisional yang istimewa ini bisa Mas dan Mbak dapatkan di blangkonjogja.com, kualitas dan harga terbaik menjadi jaminan tampil kece di setiap waktu dan tentunya sesuai kalimat diatas, Mas dan Mbak akan selalu memaknai budaya di cara yang sangat tepat!

Posts created 34

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

Assalamualaikum Blangkonjogja.com
Send via WhatsApp