Blangkon Jogja

Jual Blangkon Jogja serta Menyajikan Informasi Harga Blangkon, Gambar Blangkon, dan Seluk Beluk Blangkon Jawa dan Budaya Indonesia. (+62 896-6706-6866)
Perkembangan Blangkon dari Masa ke Masa

Perkembangan Blangkon dari Masa ke Masa

Blangkon Jaman Dahulu
Blangkon Jaman Dahulu dari masa ke masa Sumber: kompasiana.com

Blangkon, menurut sejarahnya, sudah tercipta sejak zaman kerajaan. Meskipun berbagai sumber lainnya memiliki pernyataan yang berbeda pula mengenai kapan tepatnya benda yang memiliki nilai kebudayaan tinggi ini diciptakan. Perkembangan dari blangkon sendiri pun sudah terlihat jelas di era modern ini. Perkembangan ini terlihat dari munculnya banyaknya variasi blangkon, dari bentuk maupun motif blangkon itu sendiri. Variasi blangkon yang tercipta tentunya juga didorong oleh perkembangan teknologi dan permintaan dari konsumen sendiri. Nah, mas dan mbak, di artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut lagi nih mengenai perkembangan blangkon dari masa ke masa, silahkan menyimak ya jika ingin tahu lebih dalam lagi!

Blangkon Jaman Dulu

Jaman dulu, blangkon dijelaskan sebagai penutup kepala yang berasal dari sehelai kain bermotif batik yang penggunaannya cukup diikatkan di atas kepala. Awalnya blangkon terbuat dari kain udeng berbentuk persegi yang berukuran kurang lebih 150cm x 150cm dan cara pemakaiannya dengan dilipat dua menjadi segitiga kemudian dililitkan di kepala. Blangkon pada jaman dulu dikenakan oleh para prajurit pada saat perang, karena pada jaman dulu blangkon merupakan simbol atau perwujudan pengendalian diri. Kemudian, untuk memudahkan para prajurit yang mengenakan blangkon dikembangkan dengan dibuat kerangka menyerupai topi namun setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing dalam bentuk dan juga motif yang digunakan.

Blangkon Jaman Sekarang

Blangkon Jaman Dahulu
Blangkon Jaman Dahulu Sumber: www.martinrecords.com

Seiring perkembangan mode fashion dan juga teknologi, saat ini blangkon pun juga mengalami perkembangan yang cukup mengesankan jika mengingat blangkon awalnya merupakan aksesoris atau atribut berpakaian yang ditinggalkan sejak zaman kerajaan. Saat ini karena trend fashion telah berkembang dan disertai teknologi dalam bidang industri yang juga mengalami perkembangan yang sangat canggih, menyebabkan banyak produsen blangkon menciptakan variasi-variasi baru blangkon. Variasi baru blangkon yang banyak ditemui di pasaran yaitu seperti warna batik yang dapat menyesuaikan permintaan konsumen. Jika dahulu warna blangkon rata-rata berwarna coklat, saat ini banyak ditemui blangkon berwarna merah, biru, dan lain sebagainya. Kemudian untuk motif batik, saat ini para produsen blangkon juga menawarkan produksi blangkon dengan motif batik sesuai permintaan para konsumen.

Manfaat Perkembangan Blangkon

Tentunya perkembangan dan inovasi blangkon yang diciptakan para produsen dapat membawa beberapa dampak positif kepada blangkon sendiri. Selain membuat blangkon tetap eksis dipasaran dan mendapatkan banyak peminat, dengan diciptakannya variasi blangkon tentunya menyebabkan budaya adat tradisional kita juga tetap dilestarikan dengan baik.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Assalamualaikum Blangkonjogja.com
Send via WhatsApp