Blangkon Jogja

Jual Blangkon Jogja serta Menyajikan Informasi Harga Blangkon, Gambar Blangkon, dan Seluk Beluk Blangkon Jawa dan Budaya Indonesia. (+62 896-6706-6866)
Pakem Sebuah Blangkon

Pakem Sebuah Blangkon

cdn.sindonews.net
cdn.sindonews.net

Blangkon pada dasarnya memiliki nilai historisnya tersendiri. Salah satu pelengkap pakaian tradisional Jawa ini memiliki filosofi yang mendalam bagi masyarakat Jawa. Bukan hanya sekadar penutup kepala biasa, namun penutup bagi kepala dan rambut yang dianggap terhormat bagi masyarakat Jawa. Bahkan, pada jaman dahulu, hanya orang-orang atau seniman tertentu saja yang boleh membuat sebuah blangkon. Mereka yang paham mengenai pakem atau aturan-aturan untuk sebuah blangkon yang diperbolehkan membuat blangkon oleh petinggi keraton.

Pakem Pada Jaman Dahulu

Pada jaman dahulu sebuah blangkon dibuat dengan pakem atau aturan baku, semakin memenuhi pakem, sebuah blangkon akan memiliki nilai yang tinggi. Menurut seorang ahli kebudayaan bernama Becker, dalam pembuatan blangkon diperlukan sebuah keahlian, keahlian tersebut bernama virtuso skill. Virtuso skill merupakan cara pandang atau pengertian seseoarang terhadap standard cita rasa serta ketentuan sebuah blangkon. Nilai keindahan dan estetika pada sebuah blangkon juga dapat berpengaruh terhadap nilai blangkon. Pakem-pakem yang dimiliki sebuah blangkon bukan hanya dipatuhi oleh para pembuatnya saja, tetapi juga harus dipatuhi oleh para pemakainya.

Dasar Sebuah Blangkon

Pada dasarnya, sebuah blangkon merupakan penutup kepala yang terbuat dari kain bercorak atau kain batik. Standar ukuran blangkon dapat diukur dari jarak antara telinga kanan dan telinga kiri, diukur melalui ubun-ubun kepala dan melalui dahi. Sehingga pada umumnya kita dapat menemui ukuran dari blangkon adalah 48 untuk yang paling kecil, dan 59 untuk yang paling besar. Blangkon memiliki beberapa jenis, yakni yang menggunakan mondholan dan model trepes. Mondholan atau tonjolan pada bagian belakang blangkon menandakan bahwa pada jaman dahulu seorang pria memiliki rambut panjang yang diikat di bagian belakang kepala. Sedangkan untuk blangkon yang model trepes merupakan modifikasi dari blangkon model mondholan. Untuk blangkon mondholan biasanya disebut sebagai blangkon gaya Yogyakarta, dan blangkon model trepes merupakan blangkon model Surakarta.

Blangkon Saat Ini

Saat ini blangkon merupakan pelengkap pakaian tradisional Jawa yang umum, yang dapat digunakan oleh siapapun. Para pembuatnya pun juga sudah menjamur, tidak lagi dibuat oleh seniman-seniman tertentu yang paham betul mengenai pakem blangkon. Seperti hal yang turun menurun, para pengrajin blangkon saat ini juga mendapat ilmu membuat blangkon dari leluhurnya masing-masing, sehingga mereka tak hanya membuat blangkon yang asal-asaan tetapi juga masih memenuhi pakem yang sudah ada sejak jaman dahulu.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Assalamualaikum Blangkonjogja.com
Send via WhatsApp