Kapan Saja Blangkon Dipakai ?

Kapan saja Blangkon dipakai
Gambar A – Kapan saja Blangkon dipakai

Eksistensi blangkon dari waktu ke waktu mengalami perubahan yang sangat unik.

Penutup kepala tradisional dari jawa ini memiliki berbagai macam motif yang memukau, bukan sekedar penutup kepala blangkon mempunyai filosofi yang sangat mendalam bagi masyarakat jawa. Sejarah legendaris dari kisah Aji Saka yang berperang melawan Dewata Cengkar terkait dengan blangkon, sejarah yang paling eksis tentang blangkon.

Pakaian adat Jawa resmi atau disebut dengan Jawa Jangkep

Blangkon dan pakaian adat Jawa
Gambar B – Blangkon dan pakaian adat Jawa

Umumnya dipakai oleh para pria dengan menggunakan blangkon sebagai pelengkapnya dan merupakan bagian dari pakaian adat Jawa. Sebutan blangkon awal mulanya berasal dari kata blangko yang diartikan sebagai penutup kepala yang siap pakai. Desain dari blangkon sendiri juga terbilang unik, menurut asal dari daerah  di Indonesia mulai dari mondolan dan tonjolan di bagian belakang. Namun tidak semua blangkon mempunyai mondolan, blangkon dari solo cenderung mempunyai mondolan yang berbentuk gepeng. Ada atau tidaknya mondolan itu karena rambut yang harus diikat, tapi sekarang blangkon dominan berbentuk gepeng di bagian belakangnya.

Blangkon bisa digunakan dalam beberapa rangkaian adat dan upacara tertentu di daerah Jawa, mengingat pemakaian blangkon yang bisa kita gunakan ketika menggunakan pakaian adat Jawa saja, tetapi  beberapa contoh pemakaian blangkon bisa kita lihat di lingkungan keraton, para abdi dalem dan pelayan kerajaan menggunaan blangkon sebagai penutup kepala.

Upacara Pernikahan

Ketika upacara pernikahan dengan menggunakan adat jawa, blangkon digunakan juga oleh para pria dan tentunya pengantin pria. Blangkon kini digunakan tak hanya selalu dengan pakaian adat Jawa saja, dipakai dengan mengguanakan baju batik juga bisa dan sering dijumpai pada tukang becak di lingkungan keraton.

Upacara atau kegiatan tertentu lainya yang mengharuskan memakai blangkon yaitu upacara adat atau pada saat karnaval di suatu daerah, biasanya blangkon digunakan untuk memperkenalkan baju adat Jawa yang dipakai oleh seorang pria.

Dari semua itu adalah ulasan singkat mengenai kapan saja blangkon dipakai, yang kita ketahui bahwa kini tidak hanya dipakai pada acara resmi saja namun bisa dipakai dalam situasi yang santai juga bila kita melihat masyarakat jawa sekarang.

Posts created 34

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

Assalamualaikum Blangkonjogja.com
Send via WhatsApp