Blangkon Jogja

Jual Blangkon Jogja serta Menyajikan Informasi harga blangkon, gambar blangkon dan seluk beluk Blangkon Jawa dan Budaya Indonesia.(+62 896-6706-6866)

Jenis atau Gaya Blangkon

Hasil gambar untuk jenis gaya blangkon

Blangkon Orang Jawa

Sumber : kompasiana.com

 

Blangkon adalah suatu penutup kepala yang terbilang unik, eksis pada beberapa tahun yang lalu, Blangkon menjadi daya tarik tersendiri bagi pria karena terbuat dari kain yang bermotif batik dan berfungsi sebagai penutup kepala yang masih tradisional. Pada dasarnya Blangkon itu sama dari bahan, cara dan motif warnanya namun kini Blangkon berkembang pada berbagai kelompok masyarakat yang tentunya berbeda jenis loh. Mas dan mbak udah tahu belum jenis atau gaya blangkon itu bagaimana? Blangkon menurut jenisnya atau gaya bisa dibedakan menjadi Blangkon Kejawen, Pasundan, dan Pesisiran.Gaya-gaya dari Blangkon diantaranya adalah:

  1. Kejawen

Gaya kejawen ini meliputi berbagai daerah di Jawa Tengah seperti: Banyumas, Bagelan, Yogyakarta, Surakarta, Madiun, Kediri, Malang) dan dapat dibedakan lagi Gaya Sala dan Yogyakarta.

*Gaya Sala : gaya sala ini dapat dibedakan lagi menjadi gya utama dan gaya selatan, seperti bentuk Wiron, jabehan, cepet, waton, dan kuncungnya. Untuk kuncungnya dapat dibedakan lagi yaitu: adumancung, tumpang sari, kuncungan, jeplakan, tempen, solomuda, pletrekan, solobangkalan, prebewan, tutup liwet dan lain-lain.

*Gaya Yogyakarta : gaya ini mempunyai corak tersendiri dan tentunya beda dengan gaya Sala. Perbedaan ini berdasarkan jenis menurut wironnya yaitu mataraman dan iket krepyak.

  1. Pasundan

Gaya Pasundan mempunyai persamaan dengan gaya Sala namun dapat dibedakan beberapa bentuk seperti : barangbangsemplak, Sumedangan, Wirahnasari, dan lain-lain.

  1. Pesisiran

Gaya Pesisiran adalah daerah-daerah yang berlokasi di pantai utara Pula Jawa, corak budayanya daerah pedalaman, namun dalam hal Blangkon sebenarnya tidak mempunyai banyak perbedaan dengan gaya Sala dan Yogyakarta kecuali dalam penerapan motifnya.Terlepas dari itu keunikan lain dari Blangkon dapat ditemui dalam motif dan hiasannya.

Dapat dibedakan lagi tiga pola dari Blangkon yaitu :

*Beragam hias penuh

*Beragam hias pinggirnya saja

*Ragam hias yang membagi bidang

Nama-nama unik seperti blumbangan, polos dengan warna biru tua, hijau atau putih; byur, penuh motif hias, tanpa blumbangan; tengahan, bagian tengah yang paling menonjol dengan motif daun-daunnan, warna hijau atau biru tua.

Kemudian berdasarkan atas ragam hias pinggirnya beberapa nama unik seperti :

*Celengkawangan (berhias motif komende atau umpak pada pinggirnya)

*Cemungkiran ( pinggirnya berhias motif dedaunan). Di Sala disebut semukirang, di Jawa Timur adalah Rejeng, di Mangkunegara adalah Kemitiran atau Kerisan dan lain sebagainya.

Nah diatas adalah jenis-jenis atau gaya Blangkon ya mas dan mbak. Semoga menambah pengetahuannya! 😀

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Assalamualaikum Blangkonjogja.com
Send via WhatsApp