Gaya Rambut Zaman Dahulu

Gaya Rambut Pria Suku Jawa Zaman Dahulu

Gaya Rambut Zaman Dahulu
Gaya Rambut Zaman Dahulu

Blangkon Aksesoris Kepala

Blangkon dahulu kala merupakan salah satu aksesoris yang wajib dikenakan di kepala, khususnya oleh para pria suku Jawa.  Di artikel kali ini kita akan sedikit flashback membahas tentang gaya rambut pria zaman dahulu dan tradisi mengenakan blangkon pada masanya.

Gaya Berpakaian dan Berdandan Mengikuti Ketentuan Kerajaan

Pada  sekitar abad ke-18 dan 19 gaya berpakaian dan berdandan penduduk pribumi suku Jawa  masih mengikuti ketentuan kerajaan. Gaya rambut yang digunakan yaitu berambut panjang, kemudian mengenakan blangkon atau udeng sebagai penutup kepala. Pada saat itu rambut panjang bisa dibilang juga merupakan identitas orang Jawa, karena kebanyakan pria zaman dahulu memanjangkan rambutnya dan kemudian digelung sebagai tanda bahwa mereka dapat mengendalikan diri mereka. Gaya rambut seperti ini terus bertahan hingga masa penjajahan Eropa di mana pada penduduk mulai mengubah gaya berbusana dan juga gaya hidup mereka seperti orang Eropa agar mendapat perlakuan yang lebih layak dengan cara memotong rambut mereka dan mengganti pakaian tradisional yang mereka gunakan dengan pakaian model Eropa.

Tradisi Mengenakan Blangkon

Pada zaman dahulu para penduduk sangat menjaga tradisi yang ada, bahkan bagi mereka jika melepaskan blangkon dan pakaian tradisional dengan alas an apapun, adalah merupakan bentuk melupakan identitas mereka dan merendahkan diri mereka sendiri di mata orang lain. Oleh karena itu, tradisi mengenakan blangkon sangat dijaga oleh para penduduk khususnya para keturunan kerajaan. Hal itu disebabkan karena blangkon adalah suatu symbol atau identitas kelompok serta status sosial para pemakaianya pada saat itu.

Tradisi Mengenakan Blangkon
Tradisi Mengenakan Blangkon
Posts created 34

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

Assalamualaikum Blangkonjogja.com
Send via WhatsApp