Blangkon Jogja

Jual Blangkon Jogja serta Menyajikan Informasi Harga Blangkon, Gambar Blangkon, dan Seluk Beluk Blangkon Jawa dan Budaya Indonesia. (+62 896-6706-6866)
Di Beji, Blangkon di Produksi

Di Beji, Blangkon di Produksi

Dusun Beji, Blangkon di Produksi
Dusun Beji, Blangkon di Produksi

Lokasi Produksi Blangkon

Blangkon merupakan tutup kepala otentik dan unik yang telah dipakai sejak dahulu kala. Penutup kepala turun temurun ini sudah mempunyai banyak motif-motif kekinian namun tidak menghilangkan ciri khas asli dari sebuah blangkon. Artikel ini akan membahas mengenai sebuah rumah industri yang memproduksi sebuah blangkon yang berada di sebuah kota Yogyakarta. Tepatnya kurang lebih sekitar 20 kilo meter ke arah barat kota Yogyakarta, yaitu di Dusun Beji, Desa Sidoarum, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman yang sudah terkenal keberadaannya.

Pengerajin Blangkon Beji

Dusun Beji sudah puluhan tahun dipercaya sebagai sentral pengrajin Blangkon. Tak hanya itu, ada beberapa produk lain juga yang diproduksi seperti sorjan dan jarik. Menurut sumber yang terkait, bisnis ini dijalankan secara turun temurun sejak dari kakek nenek mereka dan sudah mempunyai pelanggan kepercayaan yaitu oleh Keraton Yogyakarta. Pada tahun 2017 pihak Keraton telah memesan blangkon sebanyak 4000 buah dan menghabiskan cukup banyak waktu, untuk setiap harinya rumah industri iniĀ  bisa memproduksi sekitar 14 Blangkon. Tenaga kerja di rumah industri blangkon ini mempunyai sekitar 32 karyawan dengan 19 pengrajin. Umumnya tenaga kerja dominan pada lulusan sekolah dasar dan tidak tamat sekolah. Dengan bekerja sebagai pengrajin blangkon, mereka mempunyai banyak manfaat dan pengalaman yang banyak, seperti halnya dengan bisa menjalin kerjasama antar karyawan, kontrol harga pasar dan menjaga kerukunan.

Jenis Produksi Blangkon

Rumah industri tersebut juga memproduksi segala jenis blangkon seperti : blangkon Solo, blangkon Madura, blangkon Bali, blangkon Jogja, blangkon Sinopaten, hingga blangkon Mataram. Sebenarnya blangkon yang dibuat berdasarkan pemesanan, namun setiap harinya selalu ada produksi. Bahan baku dan bahan pendukung pembuatan blangkon ini beraneka ragam yaitu, bahan ikat, kain peles, tikar mendong, kain kafan, kertas marga, dan benang. Bahan-bahan tersebut bisa didapatkan dengan mudah di sekitar Jogja. Selain itu peralatan untuk mendukung proses pembuatan blangkon juga beraneka ragam seperti mesin jahit, catut, gunting, pluncu dan jarum. Proses pembuatan blangkon ini dibuat oleh tangan-tangan yang berkompeten dalam hal tersebut, sehingga menghasilkan sebuah produk blangkon yang sudah terjamin kualitasnya dan kesan klasiknya tetap melekat dari pada sebuah blangkon istimewa.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Assalamualaikum Blangkonjogja.com
Send via WhatsApp