blangkon jogja

Cara Mudah Merawat Blangkon

Halo Mas dan Mbak! Blangkon adalah sebuah penutup kepala adat jawa yang terbuat dari kain yang pada umumnya bermotif batik. Meskipun blangkon memiliki beberapa tipe, akan tetapi jenis blangkon yang terkenal di dunia hanya ada dua, yaitu blangkon model Yogyakarta dan blangkon model Surakarta. Nah apakah kalian tahu perbedaan antara Blangkon Yogyakarta dengan Blangkon Surakarta? Ternyata perbedaannya hanya ada di tonjolan pada bagian belakang blangkon yang mirip seperti telur ayam. Blangkon ini disebut blangkon model Yogyakarta, sedangkan blangkon yang tidak memiliki tonjolan dibelakang disebut blangkon model Surakarta.

Blangkon memiliki nilai keistimewaan tersendiri bagi masyarakat, khususnya masyarakat Jawa. Nah, bagi Mas yang sudah memiliki blangkon apapun jenis modelnya, blangkon tetap harus dirawat dong ya? Ada empat cara mudah untuk merawatnya agar blangkon tetap awet dan bersih lho!

  1. Tempatkan blangkon pada tempatnya

     

    Apabila Mas sudah memiliki blangkon dan sedang tidak dipakai untuk jangka waktu yang relatif lama, alangkah baiknya jika disimpan pada tempat yang sesuai, seperti plastik bersih yang kemudian dimasukkan ke dalam lemari agar tidak hilang.

  2. Simpan blangkon di tempat yang kering

    Blangkon harus disimpan di tempat yang kering, tidak boleh lembab ataupun basah. Karena bahan yang terbuat dari kain, maka menyimpannya di tempat yang lembab membuat blangkon dapat terkena jamur. Oleh karena itu, blangkon harus ditempatkan di tempat yang kering

  3. Bersihkan blangkon

    Sebelum Mas memakai blangkon, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu. Membersihkan blangkon harus memakai sikat halus yang bertujuan untuk membersihakn debu atau kotoran yang menempel pada blangkon. Jangan gunakan sikat kasar karena sikat kasar itu bersifat merusak.

  4. Blangkon dapat dicuci

    Apabila Mas memiliki blangkon dengan kualitas yang tinggi dari segi bahan ataupun pewarnaan batik pada kain blangkon, blangkon dapat dicuci dengan cara dikucek perlahan menggunakan air bersih juga loh.

Bagaimana Mas dan Mbak? Mudah kan cara perawatan blangkon? Hanya dengan empat langkah perawatan, blangkon dijamin selalu terjaga kebersihan, kualitas, serta kearifannya.

Posts created 34

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

Assalamualaikum Blangkonjogja.com
Send via WhatsApp