Blangkon Jogja

Jual Blangkon Jogja serta Menyajikan Informasi Harga Blangkon, Gambar Blangkon, dan Seluk Beluk Blangkon Jawa dan Budaya Indonesia. (+62 896-6706-6866)
Blangkon Yogyakarta in Worldwide

Blangkon Yogyakarta in Worldwide

Blangkon Yogyakarta di mata dunia

Figure A - Jay arms(kiri)& Frank (kanan) mahasiswa Amerika yang magang jadi Abdi Dalem Keraton (MP/Teresa Ika)
Figure A – Jay arms(kiri)& Frank (kanan) mahasiswa Amerika yang magang jadi Abdi Dalem Keraton (MP/Teresa Ika)

Indonesia dikenal dengan negara yang kaya akan budaya terutama Adat Jawa. Tradisi dan budaya Indonesia memang tak diragukan lagi, hal ini membuat nama Indonesia semakin di pandang dunia, karena setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing sehingga terlihat semakin kaya dan terkenal dengan keunikannya. Salah satu ragam budaya Indonesia adalah pakaian adat seperti “blangkon” sebagai  pelengkap pakaian adat dari Jawa. Blangkon memiliki filosofi transcendental antara manusia dengan Tuhan-nya, jika diperhatikan blangkon memiliki “mondolan” yaitu bentuk representasi dari orang Jawa khususnya Yogyakarta yang berarti menyembunyikan atau mengendalikan perasaan, sehingga orang Jogja dikenal memiliki kepribadian yang anggun, kalem, dan sopan santun.

Blangkon
Figure B – Blangkon(Penutup Kepala)

Blangkon sebagai penutup kepala

Blangkon adalah penutup kepala yang terbuat dari kain batik atau lurik yang dipakai oleh kaum pria sebagai bagian dari pakaian adat tradisional. Blangkon pun mengalami metamorfosa yang semula hanya kain disebut “ikat” karena diikatkan di kepala dengan beberapa instruksi penggunaan, namun kini blangkon sudah lebih modern dengan pemakaiannya secara instan hanya tinggal pakai tidak perlu diikat dikepala. Dahulunya, blangkon hanya boleh dipakai oleh Keluarga Kraton, seniman atau hanya pada saat peringatan upacara-upacara adat di beberapa daerah yang ada di Indonesia terutama Yogyakarta, namun kini blangkon sudah mendunia dengan estetika corak yang terdapat di setiap blangkon ini sangat menarik perhatian masyarakat bahkan para Wisatawan Mancanegara. Pada umumnya blangkon dipakai untuk pelengkap dari sepasang pakaian adat seperti beskap atau sorjan yang diselaraskan dengan jarik pada pakaian pria.

Figure C- Kurt Hugo Schneider menggunakan blangkon di salah satu video musiknya

Di era milenial, blangkon sudah menjadi pelengkap pakaian yang biasa digunakan sehari-hari bahlan sebagai pengganti topi yang cukup nyentrik dan modis sebagai bentuk melestarikan budaya, meski semakin berkembang dan semakin banyak peminatnya, estetika dan kesan tradisional dari blangkon masih terjaga dengan baik bahkan menjadi buah tangan “number one” untuk para wisatawan Mancanegara sebut saja Mariah Carey yang beberapa waktu lalu mengadakan konser di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Dia sangat suka budaya Jawa yang ada di Indonesia dan mengapresiasi dengan meminta dibelikan blangkon untuk buah tangan yang akan dibawa ke negaranya. Tentu saja hal ini akan semakin mengangkat budaya adat dari Indonesia dan akan semakin di kenal oleh market Mancanegara karena Mariah Carey sebagai salah satu penyanyi legend di negaranya yang pulang dengan membawa ciri khas Indonesia yaitu blangkon.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Assalamualaikum Blangkonjogja.com
Send via WhatsApp