Blangkon Jogja

Jual Blangkon Jogja serta Menyajikan Informasi hsrga blangkon, gambar blangkon dan seluk beluk Blangkon Jawa dan Budaya Indonesia.(+62 896-6706-6866)
Blangkon Topi Tradisional Indonesia

Blangkon Topi Tradisional Indonesia

Topi tradisional Blangkon
Topi tradisional Blangkon dipakai dalam acara opera tradisional

Indonesia Negara Asal Topi Tradisional Blangkon

Indonesia adalah negara besar yang terdiri atas lebih dari 17 ribu pulau dan suku yang berbeda beda mencapai lebih dari 1000 suku. selama 3,5 abad negara Indonesia dijajah oleh bangsa asing yang membentuk identitas bangsa untuk bersatu berjuang bersama melawan penjajah. perjuangan melawan penjajah ini membuat ikatan untuk saling toleransi dengan suku lain.

Kebiasaan Bangsa Indonesia untuk menghargai budaya asing menjadikan Indonesia sebagai negara yang ramah. dari keragaman setiap bahasa menjadikan produk budaya bangsa menjadi sangat beragam. salah satu budaya indonesia yang sudah dikenal di kancah internasional adalah blangkon. blangkon adalah  topi tradisional Indonesia yang mewarisi kebudayaan tinggi.

Awal Dikenalnya Blangkon

blangkon tidak diketahui secara pasti kepan pertamakali dikenal. namun beberapa sumber mengatakan bahwa blangkon dikenalkan oleh raja dari kerajaan Demak yang bernama Raden Said atau yang dikenal dengan Sunan Kalijaga. dalam perkembangannya, raden patah menyebarkan Agama Islam ke wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta yang pada masa itu didominasi oleh kerajaan Majapahit Islam.

Blangkon yang dikenalkan Sunan kalijaga di kerajaan demak populer sebagai topi kerajaan sehingga mudah dikenal di kalangan umum. dalam perkembangannya, majapahit islam mengalami keruntuhan dan wilayahnya terbelah menjadi dua, yaitu wilayah Keraton Ngayogyakarta dan Keraton Surakarta.

Adanya Blangkon Jogja dan Blangkon Solo

Blangkon di Jawa Tengah-D.I.Yogyakarta pada Umumnya dikenal dua jenis blangkon. diantaranya yakni Blangkoon Jogja dan Blangkon Solo. perbedaan jenis blangkon ini adalah dampak adanya pembagian wilayah kerajaan majapahit islam di atas. awal dari perpecahan ini ditandai dengan adanya perjanjian Giyanti yang melibatkan kedua pihak dan VOC.

dari terbaginya dua jenis blangkon tersebut sebagai pembeda, membuat inovasi-inovasi blangkon bertambah banyak. hingga sekarang banyak jenis blangkon yang dikenal di pasaran. diantaranya ada Blangkon Jogja, Blangkon Solo (Surakarta), blangkon Jawa Timuran, Blangkon Banyumasan, Blangkon Sunda, Blangkon Kedu dan lain sebagainya.

dari lahirnya berbagai macam jenis blangkon ini, tidak menimbulkan konflik diantara para peminat blangkon. bahkan ada yang sengaja untuk mengkoleksi berbagai jenis blangkon yang ada. dengan berbagai perbedaan yang ada membuat Indonesia semakin kaya dan menjadi bangsa yang toleran tinggi.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Assalamualaikum Blangkonjogja.com
Send via WhatsApp