Blangkon Jogja

Jual Blangkon Jogja serta Menyajikan Informasi hsrga blangkon, gambar blangkon dan seluk beluk Blangkon Jawa dan Budaya Indonesia.(+62 896-6706-6866)
Blangkon Jogja, Salah Satu Jenis Blangkon Jawa

Blangkon Jogja, Salah Satu Jenis Blangkon Jawa

penggunaan blangkon jogja
persiapan menyambut grebeg syawal

Yogyakarta merupakan Provinsi yang mendapat hak sebagai daerah keistimewaan. Provinsi Yogyakarta dipimpin oleh Raja sebagai Gubernurnya, sehingga pergantian keputusan masih menganut garis monarkhi atau turun menurun. Sebagai daerah istimewa, Yogyakarta juga mempunyai seragam istimewa juga. Para petugas dari keraton memakai kostum jawa untuk seragam dinas. Seragam ini berupa blangkon jogja untuk penutup kepala, surjan untuk baju, dan sepatu khusus.

 

Pemakaian Blangkon

Blangkon jogja dipakai petugas dari keraton mulai dari tingkat rendah hingga tingkat sultan (raja) bagi petugas laki-laki, bagi perempuan umumnya menggunakan konde, semacam rambut pasangan yang berbentuk butlat pipih khas jawa. Blangkon jogja dan konde dipakai oleh petugas keraton disaat suasana biasa ataupun disaat suasana pertunjukan.

Para wisatawaan paling mudah menemui petugas keraton menggunakan blangkon jogja pada saat acara yang terdapat karnavalnya. Biasanya pada saat-saat tertentu keraton yogyakarta mengadakan acara rutinan. Acara ini biasanya berkaitan dengan hari besar islam, hari besar jawa, hari besar kenegaraan, penyambutan tamu, pesta pernikahan, syukuran dan lainnya.

Sering Dilalui Petugas Keraton Menggunakan Blangkon

Terdapat jalan yang sering dilalui acara keraton ketika karnaval. Nama jalan yang sering dilalui ini adalah jalan malioboro, jalan yang berada di utara keraton yogyakarta. Di jalan inilah biasanya terdapat acara-acara yang dilaksanakan keraton, sehingga bagi pengunjung yang ingin melihat penggunaan blangkon jogja secara massal dapat dijumpai saat acara di jalan ini.

Dengan seringnya jalan malioboro digunakan untuk acara keraton, mengakibatkan jalan malioboro ini menjadi ladang bagi para masyarakat yang sedang mengais rezeki. Saat ini jalan malioboro menjadi terkenal dengan banyaknya pedagang yang menjajakkan dengan harga murah dan boleh ditawar. jalan Malioboro dikenal dengan pusatnya oleh-oleh jogja karena banyak sekali produk produk masyarakat sekitar yang dijual disini termasuk blangkon jawa. Blangkon jawa sendiri mempunyai banyak jenis, yang paling terkenal adalah blangkon jogja dan blangkon solo.

Tips Mengenali Blangkon Jogja dan Blangkon Solo

Cara membedakan jenis blangkon jogja dan blangkon solo paling mudah dengan melihat mondolan blangkon. blangkon jogja mempunyai mondolan yang bulat telur. Sedangkan blangkon solo mempunyai mondolan yang trepes / bulat pipih. Untuk lebih jelasnya perbedaan blangkon jogja dan blangkon solo bisa simak artikel yg tersedia

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Assalamualaikum Blangkonjogja.com
Send via WhatsApp