Bahan Dasar Pembuatan Blangkon

Selamat datang kembali di blangkonjogja.com, Mbak dan Mas yang ganteng dan cantik! Sejauh ini kita telah membahas banyak hal mengenai blangkon dan hal-hal terkait lainnya. Kini saatnya membahas mengenai blangkon itu sendiri, yaitu bahan dan alat apa saja sih yang dibutuhkan dalam pembuatan blangkon? Ditemui pada Rabu, 28 November 2018 sekitar pukul 08.00 WIB di daerah kampung pembuatan blangkon turun-temurun tepatnya di daerah Kampung Beji, Bapak Suprihatin berbagi sedikit banyak mengenai bahan dan alat yang dibutuhkan dalam pembuatan blangkon. Penasaran apa saja? Mari simak informasi berikut!

Bahan dan Alat yang dibutuhkan dalam pembuatan blangkon

  • Di bawah ini adalah bagian paling dasar dari blangkon. Ketiga lapisan ini biasanya dijahit menggunakan mesin jahit supaya bisa lebih rapi dan tegas.

    Bahan Dasar Pembuatan Blangkon
    Gambar A – Bahan Dasar Pembuatan Blangkon

1.Congkeng, biasanya berasal dari bahan kertas menyerupai karton yang lentur dan fleksibel sehingga kertas ini masih bisa dibentuk-bentuk dengan mudah.

2.Tikar tradisional dari mendong (sejenis rumput seperti padi). Bahan mendong lebih dipilih karena lebih luntur/fleksibel/lemas dan lebih mudah menyerap keringat. Bahan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun bahkan puluhan tahun.

3.Kain teles atau bisa diganti katun. Bahan ini bisa dipilih sesuai permintaan dari pemesan. Namun secara kualitas, lebih bagus kain teles karena bahannya lebih halus dan lentur

  • Mondholan

Biasanya mondholan ini berisi grajen (sampah penggerajian atau sisa penggerajian) yang kemudian dijahit menyerupai ekor di bagian belakang blangkon. Isi mondholan ini bisa juga diganti dengan kapas dan drakon, namun hasilnya akan lebih bagus jika menggunakan grajen. Sedangkan antara kapas dan drakon, akan lebih bagus hasilnya menggunakan kapas karena kapas lebih mudah dibentuk daripada drakon.

Mondholan bahan yang digunakan dalam pembuatan Blangkon
Gambar B – Mondholan bahan yang digunakan dalam pembuatan Blangkon
  • Wiron

Wiron ini digunakan untuk bagian lampitan-lampitan pada blangkon. Biasanya lampitan ini berjumlah mulai dari 11 sampai 27 lampitan dalam satu buah blangkon. Terdapat suatu “pakem” dalam pembuatan lampitan yaitu 17 atau 5. 17 berarti sholat yang berjumlah 17 rakaat, sedangkan 5 menunjukan 5 waktu sholat, dst. Bagian ini juga bisa berdasarkan permintaan pemesan. Jika pemesan meminta semakin banyak lampitan, maka mereka ingin blangkon tersebut semakin terlihat halus dan rapih.

Wiron bahan untuk membuat blangkon
Gambar C – Wiron bahan untuk membuat blangkon
  • Jarum

Dalam penjahitan blangkon biasanya dibutuhkan jarum yang paling besar.

Jarum adalah alat yang digunakan untuk membuat blangkon
Gambar D – Jarum adalah alat yang digunakan untuk membuat blangkon

Seperti pada gambar di atas, jarum yang akan digunakan adalah empat jarum di bagian tengah (yang sudah terlingkar biru)

  • Benang Jahit

Dalam penggunaan benang jahit, ada baiknya dilapis hingga 3 benang. Hal ini supaya jahitan blangkon lebih kuat dan tegas. Jika ingin dicuci atau digunakan, jahitan tidak akan lepas. Umumnya penjahitan blangkon menggunakan benang berwarna hitam.

 Benang Jahit digunakan dalam pembuatan Blangkon
Gambar E – Benang Jahit digunakan dalam pembuatan Blangkon
  • Alat Pengukur

Alat pengukur ini dibutuhkan untuk mengetahui ukuran blangkon yang akan dibuat supaya blangkon tersebut sesuai dengan ukuran kepala pemesan.

Alat Pengukur dalam Pembuatan Blangkon
Gambar F – Alat Pengukur dalam Pembuatan Blangkon
  • Mesin Jahit

Mesin jahit ini hanya digunakan hanya di bagian pembuatan awal saja, yaitu bahan dasar. Untuk tahap selanjutnya harus menjahit manual menggunakan tangan karena akan lebih mudah dan lebih bisa berkreasi secara detail sesuai kebutuhan blangkon itu sendiri.

Baik, itulah kurang lebih bahan-bahan dari pembuatan blangkon. Semoga bisa lebih menambah pengetahuan Mbak Mas semua mengenai blangkon sebagai Kebudayaan Jawa Indonesia ya J

Posts created 34

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

Assalamualaikum Blangkonjogja.com
Send via WhatsApp