Blangkon Jogja

Jual Blangkon Jogja serta Menyajikan Informasi Harga Blangkon, Gambar Blangkon, dan Seluk Beluk Blangkon Jawa dan Budaya Indonesia. (+62 896-6706-6866)
Asal – Usul Blangkon

Asal – Usul Blangkon

Blangkon penutup kepala khas dari Jawa yang memiliki asal-usul tersendiri. Mas dan mbak sudah tahu belum kalau, asal-usul blangkon ini berbeda-beda dari beberapa sumber yang ada, di antaranya :

Asal Usul dan Sejarah Blangkon - Sumber : ter-paling.blogspot.com
  • *Ada para sesepuh yang mengatakan bahwa pada jaman dahulu, ikat kepala tidaklah permanen seperti sorban yang senantiasa diikatkan pada kepala. Tetapi dengan adanya masa krisis ekonomi akibat perang, kain menjadi satu barang yang sulit didapat. Oleh sebab itu, para petinggi keraton meminta seniman untuk mencipatakan ikat kepala yang menggunakan separuh dari biasanya untuk efisiensi maka terciptalah bentuk penutup kepala yang permanen dengan kain yang lebih hemat yang disebut blangkon.
  • *Ada yang mengatakan bahwa blangkon telah muncul sejak penanggalan kalender jawa ada. Aji Saka tak lain adalah oran yang menciptakannya manakala ia mengalahkan raksasa jahat Dewata Cengker dengan modal kain blangkon.
  • *Sumber lain mengatakan bahwa penutup kepala ini sengaja di cipta para raja melalui para seniman karena pada jaman itu mereka mengalami krisis kain. Biasanya mereka menggunakan ikat kepala persegi berukuran 105 cm x 105 cm. Namun dengan blangkon ini bisa menghemat setengahnya.

 

        Blangkon Asli Jogja

Image result for blangkon jogja

Blangkon Jogja Hitam Sliwir - sumber : duniapusaka.com

 

Menurut wujudnya, blangkon dibagi menjadi menjadi 4 yaitu blangkon Ngayogyakarta, blangkon Surakarta, blangkon Kedu, dan blangkon Banyumas. Namun pada dasarnya, blangkon di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing.

Blangkon asli Jogja mempunyai mondolan pada bagian belakang blangkon. Hal ini dirunut sejarah pada waktu itu laki-laki Jogja memelihara rambut panjang kemudian diikat keatas, kemudian ikatan rambut disebut gelungan kemudian dibungkus dan diikat, lalu berkembang menjadi blangkon.

Mondolan dibelakang juga dikaitkan dengan filosofi masyarakat jawa yang pandai menyimpan rahasia, tidak suka membuka aib orang lain atau diri sendiri karena ia akan serapat mungkin dan dalam bertutur kata dan bertingkah laku penuh dengan kiasan dan bahasa halus, sehingga menjadikan mereka selalu berhati-hati tetapi bukan berarti berbasa-basi, akan tetapi sebagai bukti keluhuran budi pekerti orang jawa.

Dapat juga diartikan masyarakat Jogja pandai menyimpan rahasia dan menutupi aib, akan berusaha tersenyum dan tertawa walaupun hatinya menangis. Dalam pikirannya hanyalah bagaimana bisa berbuat yang terbaik demi sesama walaupun mengorbankan dirinya sendiri.

 

Beli Blangkon Dimana?

Di jaman era serba digital ini, masyarakat bisa menemukan blangkon dengan mudah dimana saja, terutama memesan via online dengan hastag beli blangkon, jual beli blangkon, dsb di berbagai media sosial.

 

Pemesanan via online bias tetap memilih model blangkon apa yang ingin anda buat. Mulai dari Blangkon Solo, Blangkon Jogja, Blangkon Modang Solo, Blangkon Sliwir Solo, dan berbagai model atau jenis blangkon. Anda bisa mengirimkan foto model blangkon yang anda suka via WA / Email / BBM, maka akan membuatnya sesuai dengan model pesanan anda. Atau jika anda memiliki kreasi diluar pakem blangkon, toko online pun juga dapat membuatkanya.

Anda bisa memesan blangkon dengan berbagai ukuran, mulai dari anak umur 2 tahun hingga pria dewasa segala ukuran. Anda juga bisa menyesuaikan dengan ukuran lingkar kepala anda sehingga blangkon akan pas dan nyaman dipakai.

Jika anda memesan blangkon via online, anda juga akan tetap mendapat bonus tempat menyimpan blangkon sehingga tidak mudah rusak dan praktis saat menyimpan blangkon.

  • *Tidak Membutuhkan Waktu yang Cukup Lama

Pembuatan Blangkon ini kurang lebih memakan waktu 10 hari. Blangkon dibuat secara detail dan teliti, agar mendapat hasil produk dengan kualitas terbaik.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

Assalamualaikum Blangkonjogja.com
Send via WhatsApp